TENTANG ليلة القدر

Posted: Agustus 16, 2011 in Education, Religion, Tips
Tag:, , , , , ,

dalam bulan Ramadhan terdapat malam yang begitu istimewa, yang biasa disebut dengan malam lailatul qadar. dikatakan istimewa, karena beribadah pada malam tersebut nilainya sama dengan ibadah selama 1000 bulan. oleh karena itu, mumpung saat ini kita masih berada di pertengahan bulan Ramadhan, saya akan sedikit membahas malam istimewa ini.

  • HAL-HAL YANG SUNNAH DILAKUKAN KETIKA LAILATUL QADAR

bagi orang yang beruntung menjumpai malam ini, maka sebaiknya dia melakukan beberapa hal yang disunnahkan, antara lain:

  1. menyembunyikannya. maksudnya, ketika orang tersebut mendapat keberuntungan berupa menjumpai lailatul qadar, sebaiknya dia tidak memberitahukan hal tersebut pada orang lain.
  2. berdoa dengan ikhlas, serta dengan niat dan keyakinan yang benar. isi doanya bisa apa saja, baik itu mengandung muatan duniawi maupun muatan ukhrawi. tapi sebaiknya lebih memperbanyak doa yang
  3. berhubungan dengan kebaikan agama dan akhirat.
  • WAKTU LAILATUL QADAR

berdasarkan keterangan dari berbagai sumber yang bisa dipertanggungjawabkan, lailatul qadar selalu berbeda-beda waktunya pada tiap tahunnya. namun, lailatul qadar itu lebih sering terjadi pada malam sepuluh yang akhir di bulan Ramadhan (malam 20 sampai 30 Ramadhan). sehingga, pada malam-malam tersebut kita dianjurkan untuk lebih tekun beribadah dibanding malam-malam sebelumnya.

walaupun begitu, orang-orang sufi dan orang-orang zuhud memprediksi terjadinya lailatul qadar dengan melihat hari pertama bulan Ramadhan pada tahun tersebut, yaitu:

  1. apabila Ramadhan pada tahun tersebut dimulai pada hari Rabu dan Senin, maka lailatul qadar terjadi pada
  2. malam 29 Ramadhan.
  3. apabila Ramadhan pada tahun tersebut dimulai pada hari Jumat dan Selasa, maka lailatul qadar terjadi pada malam 27 Ramadhan.
  4. apabila Ramadhan pada tahun tersebut dimulai pada hari Kamis, maka lailatul qadar terjadi pada malam 25 Ramadhan.
  5. apabila Ramadhan pada tahun tersebut dimulai pada hari Sabtu, maka lailatul qadar terjadi pada malam 23 Ramadhan.
  6. apabila Ramadhan pada tahun tersebut dimulai pada hari Senin, maka lailatul qadar terjadi pada malam 21 Ramadhan.

sekian, والله أعلم بالصواب……………..

Tinggalkan komentar